Sejumlah Bahan Pokok Mengalami Penurunan Jumlah Penjualan Produk Jakarta, 13 Februari 2024 . Indonesia akan mengadakan pemilihan umum (pem...
Sejumlah Bahan Pokok Mengalami
Penurunan Jumlah Penjualan Produk
Jakarta,
13 Februari 2024. Indonesia akan mengadakan pemilihan umum (pemilu) pada 14
Februari 2024. Menjelang pemilihan tersebut Compas.co.id menemukan beberapa
anomali jelang pesta demokrasi, terutama pada kategori bahan pokok atau
sembako di sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Jumlah penjualan produk minyak
di e-commerce pada bulan Januari 2024 mengalami penurunan 11% jika dibandingkan
dengan periode yang sama di tahun lalu, menurun sekitar 70.000 produk dari 645
ribu produk terjual di tahun 2023, kini hanya mencapai 575 ribu produk terjual.
Hal ini turut ditemui pada produk bumbu
dapur dan penyedap rasa, dimana jumlah produk terjualnya menurun 41% atau
menurun 526 ribu produk di bulan Januari 2024 dibanding periode yang sama di
tahun lalu. Sebelumnya di tahun 2023 dapat terjual sekitar 1,2 juta produk,
namun saat ini hanya mencapai 769 ribu produk yang terjual.
“Compas.co.id yang secara rutin memantau
nilai penjualan dan juga jumlah produk terjual seluruh produk FMCG di
e-commerce, turut melihat beberapa anomali penjualan produk-produk bahan pokok,
yang sebelumnya cukup stabil. Selain minyak dan penyedap rasa, kami juga
melihat adanya pengaruh kenaikkan harga beras baru-baru ini. Penjualan beras di
e-commerce turun 2% dibandingkan penjualan di periode yang sama di tahun lalu,
atau turun sekitar 16 ribu produk dari 660 ribu penjualan di 2023 ke 664 ribu
di tahun 2024,” terang Hanindia Narendrata selaku Co-founder & CEO
Compas.co.id.
Adapun tidak seluruh bahan pokok kompak
mengalami penurunan, berbanding dengan beberapa produk lainnya di bulan Januari
2024 gula mengalami peningkatan jumlah penjualan produk sebanyak 38%, atau
senilai 201 ribu produk, dari 530 ribu produk terjual di tahun 2023 ke 730 ribu
produk terjual di tahun 2024.
Adapun data-data e-commerce yang didapatkan
oleh Compas.co.id diteliti dengan menggunakan metode crawling yang merekam data umum seluruh transaksi di Shopee,
Tokopedia, Blibli dan Lazada secara near
real-time. Monitoring seluruh produk dan toko di e-commerce dengan rating 4
ke-atas di kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada 4 kategori, yaitu perawatan dan kecantikan, makanan &
minuman, kesehatan dan ibu & bayi.
Pengaruh
Kampanye Pada Penjualan Produk Susu
Salah satu hal yang menarik pada periode
kampanye Desember 2023 lalu, produk susu menjadi perbincangan hangat di dunia
politik. Sejalan dengan tren perbincangan tersebut, Compas.co.id menemukan
bahwa jumlah penjualan produk susu formula pada bulan Januari 2024 meningkat 7%
ke 781 ribu produk, atau meningkat 50 ribu produk dibandingkan bulan Desember
2023.
“Compas.co.id melakukan riset terhadap
berbagai faktor yang mempengaruhi pasar e-commerce, salah satunya menganalisa
perilaku konsumen. Berdasarkan fenomena ini, menjadi salah satu bukti bahwa
kejadian-kejadian yang terjadi secara offline
mempengaruhi performa penjualan di online
market,” jelas Narendrata.
Selain fenomena-fenomena pemilu,
compas.co.id juga merekam beragam kejadian yang terjadi dan memberikan dampak
secara signifikan pada pasar E-commerce di tahun lalu. Diantaranya Ramadhan
2023, anomali suhu panas di September 2023, penutupan dan pembukaan kembali
TikTok Shop serta beragam fenomena lainnya. Adapun informasi ini sudah
terangkum ke dalam FMCG Premium Report 2023 yang dapat diunduh melalui laman
Compas.co.id.
-
Selesai -
Tentang Compas.co.id
Compas.co.id adalah bagian dari
PT Telunjuk Komputasi Indonesia, perusahaan teknologi yang berdiri sejak tahun
2012 dengan spesialisasi di online data crawling and big data analysis, dan
berfokus dalam membantu FMCG brands melalui e-commerce business intelligence
tools untuk membuat keputusan yang lebih cepat dan tajam dengan menyediakan
analisis data secara real-time.
Compas.co.id memiliki e-commerce
market insight dashboard dan report, serta e-commerce price monitoring
dashboard sebagai bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan bisnis FMCG online
di Indonesia yang membutuhkan peningkatan validasi data. Bersama Compas.co.id,
Anda akan mendapatkan data pasar di e-commerce termasuk category market size,
top brands, top seller, top product listing serta brand & seller monitoring
yang unggul dan terpercaya untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan
membandingkan performa bisnis dengan pesaingnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut
terkait data-data dan tren e-commerce market terkini, Anda dapat menghubungi
Compas.co.id melalui email partnership@telunjuk.com, follow Instagram
@compas.co.id dan kunjungi website Compas.co.id untuk konten-konten e-commerce
market lainnya. Hadapi tantangan dan raih peluang dengan strategi bisnis yang
tepat bersama Compas.co.id.
COMMENTS