Paper.id : AI, Personalization, dan Digital Tools Sebagai Tren Marketing 2024

Jakarta, 24 Januari 2024 - Memasuki Pemilu tahun 2024, perputaran uang dalam belanja konsumsi masyarakat diprediksi kian meningk...


Jakarta, 24 Januari 2024 - Memasuki Pemilu tahun 2024, perputaran uang dalam belanja konsumsi masyarakat diprediksi kian meningkat. Pasalnya, ini didorong oleh situasi pasca pandemi yang mendorong aktivitas bisnis kian lancar. Mandiri Institute mencatat kenaikan Mandiri Spending Index sebesar 181,5, melebihi rata-rata tingkat belanja normal pada tahun 2022. Kondisi ini perlu dimanfaatkan oleh pelaku usaha perlu mempersiapkan strategi pemasaran dengan tren-tren terbaru.


Hal ini dikupas dalam acara PaperPreneurs yang diselenggarakan oleh Paper.id. Sebagai platform penagihan & pembayaran bisnis, yang juga dikenal sebagai Business Payment Solution Provider (BPSP), Paper.id secara rutin mengadakan acara PaperPreneurs sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam memfasilitasi digitalisasi UMKM. Acara PaperPreneurs kali ini bertajuk New Year, New Chapter: Marketing Trends to Look Out for in 2024 diadakan di Relish Bistro Menteng, Jakarta.


Tren 2024: Hyper personalization, Artificial Intelligence (AI), Social Commerce &

Influencer


Acara tersebut mengundang Marselus Albert Chandra (Brand Development Dept Head Taro Net) dan Devie Diana, Head of Marketing Whitelab. Tren marketing di tahun 2024 tentunya akan lebih mengarah ke soal bagaimana pelaku usaha bisa memanfaatkan tren terbaru yang bervariatif serta membangun konektivitas ke konsumen mereka.


Pertama, pelaku usaha bisa memanfaatkan ChatGPT untuk kebutuhan bisnisnya, salah satunya, untuk tim CS. “Pemanfaatannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, contoh ChatGPT bisa menyediakan template jawaban bagi tim customer service” kata Devie.


Selain itu, AI juga telah diterapkan di berbagai industri. Salah satunya, industri kecantikan yang menerapkannya untuk mengenali karakter wajah. Konsumen hanya perlu melakukan selfie. Secara otomatis, AI akan menilai kondisi, masalah serta merekomendasikan produk yang cocok untuk wajah mereka.


Semua teknologi tersebut tentunya perlu diselaraskan dengan karakteristik dari konsumen, ini dibahas lewat tren hyper personalization. Singkatnya, tren ini membuat pelaku usaha perlu memberikan rasa excitement kepada konsumen mereka.


“Zaman sekarang, marketing is all about excitement, tidak lagi soal produk, tapi bagaimana konsumen bisa merasakan “suasana” yang hadir dalam produk itu” pungkas Marsel.

Contohnya, banyak restoran yang turut memperhatikan interior dengan desain yang berbeda dari biasanya sebagai daya tarik untuk foto/selfie. Selain itu, pelaku usaha yang bergerak di bidang bisnis juga bisa menghadirkan konten yang lebih fun dan tidak kaku seperti dunia B2B.


Tren penggunaan social commerce diprediksi akan semakin meningkat, karena 86% lebih suka berbelanja di sana menurut survei Populix. Ini menjadi ladang emas bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan secara langsung kepada audiens yang sangat tersegmentasi.


Terakhir, pelaku usaha bisa menggunakan influencer dan Key Opinion Leader (KOL) untuk semakin mendekatkan brand terhadap konsumen mereka sendiri. Apalagi, kehadiran KOL ini juga bisa digunakan oleh brand-brand yang bergerak di bidang B2B, agar mendekatkan diri mereka ke konsumen dengan mengadopsi tren-tren digital di atas.


Tentunya, adopsi digital membawa berbagai manfaat, tidak hanya di sisi marketing, tapi dari sisi operasional bisnis, seperti penagihan & pembayaran bisnis. Dalam hal ini, Paper.id akan terus mendukung hal tersebut. Melalui platform bisnis yang bisa diakses secara gratis dan juga acara PaperPreneurs yang menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk bertukar pikiran dan juga mendapatkan relasi bisnis.


Tentang Paper.id


Paper.id adalah solusi pembayaran, penagihan dan keuangan untuk transaksi bisnis yang membantu pelaku usaha menerima dan melakukan pembayaran lebih cepat dengan berbagai metode lewat PaperPay Out & penerimaan pembayaran lewat PaperPay In via berbagai opsi, lacak & pencocokkan dokumen serta rekonsiliasi otomatis, serta menyediakan pendanaan berbasis supply chain. Didirikan pada akhir 2016, Paper.id dapat diintegrasikan dengan sistem ERP perusahaan besar lewat API atau menjadi solusi

end-to-end bagi UMKM sehingga menghubungkan dan mendigitalisasikan seluruh prosess supply chain.

COMMENTS

Nama

2.2 Shopee Live,1,Acer,1,Acer Swift Go 14 AI,1,AI Generative,1,Airlangga Hartarto,1,Ajaib,2,Ajaib Kripto,1,Akamai,1,AKG Entertainment,1,Alibaba,2,Alibaba Cloud,3,Alibaba Group,1,ALVA,1,AQUA Elektronik,1,Asuransi,1,Asuransi Astra,1,ASUS,1,ASUS GPU Tweak III,1,AUKEY,1,Automotive,8,AV-Comparatives,1,Balitower,1,Bandung,1,Bank Digital,1,Batik,1,Blibli,3,Business,18,BW Digital,1,CAKRA,1,Cania Citta,1,Canon,1,Capres Tandingan,1,Chery,2,Chery OMODA E5,2,Cisco,1,CKCKCK First Series,1,CLIK,1,CLIK Spectrum,1,Compas.co.id,1,Counterpoint,1,Crypto,1,CSR,1,DANA,1,Datascrip,1,Digital Marketing,1,DJI Experience Store,1,DoubleVerify,1,DutaMoney,1,E-Commerce,9,Elektronik,5,Ensign InfoSecurity,1,Enterprise,5,Entertainment,2,Erablue,1,Erajaya,2,Erajaya Active Lifestyle,1,Erajaya Digital Complex,1,Esports,6,Eureka AI,1,Evermos,1,Everpro,1,FDI Confidence Index 2004,1,FDI Kearney 2024,1,Featured,24,Feng Shui,1,Film,1,Fintech,7,Flip,1,Forum IndoTelko,1,Funcrowd,1,Gadget,15,Galaxy AI,1,Galaxy S24 Series,1,Game,2,Games,1,Garda Oto,1,GeForce RTX 4080 SUPER Noctua OC Edition,1,Generative AI,1,Genesis Electrified G80,1,Gilang Bhaskara,1,Google,1,Grab,1,Gravel,1,Haji 2024,1,Harga vivo Y100 5G,1,HashMicro,1,Honda,1,Huawei,1,HUAWEI MatePad Pro 13.2”,1,Hyundai,3,Hyundai IONIQ 5,1,Hyundai IONIQ 6,1,Hyundai Santa Fe,1,IBM,1,Igloo,1,Igloo Indonesia,1,Indodax,1,Indosat,3,Indosat Ooredoo Hutchison,2,Industri ERP,1,Intel Evo,1,Internet Marketers Nahdlatul Ulama,1,Ivan Chen,1,Jakpat,1,Jenius,1,Kamera,1,Kartu Grafis,1,Kaspersky,1,Kawula17,1,Kearney,1,Kecerdasan Artifisial,2,Komputasi Cloud,1,Komunitas Pokémon GO Indonesia,1,Kripto,2,Kuis Kawula,1,Laptop,3,Lazada,1,Lenovo,2,Lenovo Indonesia,1,Lenovo Love Byte,1,LG Electronics,2,Liga 1 Fantasy Football,1,Linkedin,1,Lucky Sale Blibli,1,Madame Web,1,Makassar,1,Mamat Alkatiri,1,MASTEL,1,Maxstream,1,MG,1,Microsoft,1,Mobil Listrik,2,Nahdlatul Ulama,1,NetxDev,1,NextDev Academy,1,Noice,1,Nokia,1,OPPO,2,OPPO A79 5G,1,Optimo,1,Paket RoaMAX,1,Paper.id,1,Pasar Modal,1,PBESI,1,Pemilu 2024,2,Pikachu Parade,1,POCO,3,POCO C65,1,POCO M6 Pro,1,POCO X6 Pro 5G,2,Podcast Ruang 28,1,Pokémon Festival Jakarta,1,Pokémon GO,2,Pokémon Run 2024,1,QRIS,1,Qwen,1,Raffi Ahmad,1,realme,3,realme 12 Series 5G,1,realme C67,1,Regulasi Game,1,Reksa Dana,1,Reku,1,Rich Communication Services,1,Samsung,6,Samsung Galaxy A25,2,Samsung Galaxy S24,1,Samsung Innovation Campus,1,Samsung Multi-Experience Store,1,Samsung SmartExchange,1,Satelit GEO,1,Seagate,1,Security,2,Sharp,1,Shin Tae-yong,1,Shopee,4,Shopee Affiliate,1,Shopee Live,1,Shopee Video Mega Sale,1,Singtel,1,Smart Home,1,Smartphone,15,Spesifikasi vivo Y100 5G,1,Starlink,1,Syailendra Ajaib Money Market Fund,1,Syailendra Capital,1,Tablet,1,Tablet Huawei,1,Technology,1,Telco,9,Telecom Egypt,1,Telin,2,Telkom,1,Telkom Indonesia,2,Telkom University,1,Telkomsat,1,Telkomsel,5,Temata Studios,1,The Pokémon Company,1,Tiket.com,1,TikTok,1,TikTok Shop,1,Toko Erablue,1,Tokopedia,3,Tokopedia Garage,1,Travel,3,Traveloka,2,Trend Micro,1,UI Cyber Games,1,UniPin,2,UniPin Community,1,Universitas Indonesia,1,Unthinkable Jenius,1,Valentine,1,vivo,2,vivo V30,1,vivo Y100 5G,2,WhatsApp,1,World Water Forum 2024,1,ZTE,1,
ltr
item
Gizmonews - Indonesia Premier Business and Tech News Release by Gizmologi: Paper.id : AI, Personalization, dan Digital Tools Sebagai Tren Marketing 2024
Paper.id : AI, Personalization, dan Digital Tools Sebagai Tren Marketing 2024
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh5dxhf8VKqIqC8drDmRKTZh2P7eiVdTZm4-AmDH9xei-Ui9ScG8jmS2hSY5kXX73ha_KdCfqGyZhVR0wG_-LdOVcRyBhzxbxKcBfYHTeWkKTqC6AOG9TdmjoAFLAeHmBCB83oodx59qL-7ooJhBOBUfLsfqNDLn_nTRtBsxdNyu6r4wdmnRQ_SxBkxKHUw
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh5dxhf8VKqIqC8drDmRKTZh2P7eiVdTZm4-AmDH9xei-Ui9ScG8jmS2hSY5kXX73ha_KdCfqGyZhVR0wG_-LdOVcRyBhzxbxKcBfYHTeWkKTqC6AOG9TdmjoAFLAeHmBCB83oodx59qL-7ooJhBOBUfLsfqNDLn_nTRtBsxdNyu6r4wdmnRQ_SxBkxKHUw=s72-c
Gizmonews - Indonesia Premier Business and Tech News Release by Gizmologi
http://news.gizmo.id/2024/01/paperid-ai-personalization-dan-digital.html
http://news.gizmo.id/
http://news.gizmo.id/
http://news.gizmo.id/2024/01/paperid-ai-personalization-dan-digital.html
true
7054745771095536714
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content